Pemetaan Materi
1. Eksponen dan Logaritma,
2. Persamaan
dan Pertidaksamaan Nilai
Mutlak,
3. Sistem
Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua Variabel, dan Sistem Persamaan Linier
Tiga Variabel,
4. Matriks,
5. Relasi
dan Fungsi,
6. Barisan
dan Deret,
7. Persamaan
dan Fungsi Kuadrat,
8. Geometri,
9. Trigonometri,
10. Limit
Fungsi Aljabar,
11. Statistika, dan
12.
Peluang.
SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika WajibKompetensi Inti (KI) :
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Eksponen dan Logaritma |
Mengamati Membaca ekspresi dan
hasil operasi aljabar dari eksponen
dan logaritma.
Menanya Membuat pertanyaan
mengenai pengertian dan aturan dari hasil operasi aljabar eksponen dan
logaritma.
Mengeksplorasikan Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar
eksponen dan logaritma.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan aturan dari eksponen dan logaritma.
Mengomunikasikan Menyampaikan pengertian, aturan eksponen dan logaritma
dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan eksponen dan logaritma dengan lisan, dan
tulisan. |
Tugas ·
Mencari dan membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar
dari eksponen dan logaritma.
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penggunaan
aturan/ sifat eksponen dan logaritma.
Portofolio Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan penggunaan aturan/
sifat eksponen dan logaritma. |
3 x 4 jam pelajaran |
·
Buku Matematika kelas X. ·
Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.1 Memilih dan menerapkan
aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengan karakteristik
permasalahan yang
akan diselesaikan
dan memeriksa kebenaran
langkah-langkahnya. |
|
|
||||
4.1 Menyajikan masalah
nyata menggunakan
operasi aljabar berupa eksponen
dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat
dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya. |
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Persamaan dan Pertidaksamaan
Nilai Mutlak |
Mengamati Membaca mengenai
pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata
yang terkait dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda
mutlak.
Menanya Membuat pertanyaan
mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan
masalah nyata yang terkait dengan
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak.
Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak,
ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi,
penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan
masalah nyata yang terkait dengan
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak.
Mengomunikasikan Menyampaikan
pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, dan penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak
dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah nyata yang terkait persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak
dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas ·
Membaca mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian,
dan masalah nyata yang terkait dengan
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak. ·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak,
dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang sederhana.
Portofolio Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada.
Tes Tes tertulis bentuk
uraian mengenai penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak,
dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang sederhana. |
3 x 4 jam pelajaran |
·
Buku Matematika kelas X. ·
Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.2 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep
nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah
nyata. |
|
|
||||
4.2 Menerapkan
konsep nilai mutlak
dalam persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam
memecahkan masalah nyata. 4.3 Membuat model matematika berupa
persamaan dan
pertidaksamaan
linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak
dari situasi nyata dan
matematika, serta
menentukan jawab
dan menganalisis model
sekaligus jawabnya.
|
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua
Variabel, dan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel |
Mengamati Membaca mengenai
ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan
linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah
nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
Menanya Membuat pertanyaan
mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem persamaan linier dua,
tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan
himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model
matematika, serta penyelesaiannya.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian ekspresi sistem
persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel,
cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan
dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
Mengomunikasikan Menyampaikan pengertian ekspresi sistem persamaan linier
dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan
himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model
matematika, serta penyelesaiannya dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas ·
Membaca mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua,
tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan
himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model
matematika, serta penyelesaiannya. ·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai menentukan
himpunan penyelesaiannya sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, dan masalah nyata yang disajikan dalam
model matematika, serta penyelesaiannya.
Portofolio Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes Tes tertulis bentuk
uraian mengenai menentukan himpunan penyelesaiannya sistem persamaan linier
dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, dan masalah nyata
yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya. |
3 x 4 jam pelajaran |
·
Buku Matematika kelas X. ·
Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.3 Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linier dua
dan tiga variable
serta pertidaksamaan
linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai
strategi yang efektif dalam menentukan
himpunan penyelesaiannya serta
memeriksa kebenaran
jawabannya dalam pemecahan masalah
matematika. |
|
|
||||
4.4 Menggunakan
SPLDV,
SPLTV
dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan 4.5 Membuat model matematika berupa
SPLDV, SPLTV,
dan SPtLDV
dari situasi nyata dan
matematika, serta
menentukan jawab
dan menganalisis model
sekaligus jawabnya
|
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Matriks |
Mengamati Membaca mengenai
pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk
matriks, dan operasi sederhana matriks.
Menanya Membuat pertanyaan
mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam
bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian matriks, contoh-contoh
masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana
matriks.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan
dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks, kemudian menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian matriks, masalah nyata yang dapat disajikan dalam bentuk
matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengomunikasikan Menyampaikan pengertian matriks, masalah nyata yang
dapat disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks dengan
lisan, dan tulisan.
|
Tugas ·
Membaca mengenai pengertian matriks, contoh-contoh
masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana
matriks. ·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penyajian
masalah nyata ke dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Portofolio Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes Tes tertulis bentuk
uraian mengenai penyajian masalah nyata ke dalam bentuk matriks, dan operasi
sederhana matriks. |
2 x 4 jam pelajaran |
·
Buku Matematika kelas X. ·
Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.4 Mendeskripsikan konsep matriks sebagai
representasi numeric dalam kaitannya dengan
konteks nyata. 3.5 Mendeskripsikan operasi sederhana matriks
serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
|
|||||
4.6 Menyajikan model matematika dari suatu masalah
nyata yang berkitan
dengan matriks. |
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Relasi dan Fungsi |
Mengamati Membaca pengertian
daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian
suatu relasi dan fungsi.
Menanya Membuat pertanyaan
mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi dan fungsi.
Mengeksplorasikan Menentukan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari
berbagai penyajian suatu relasi dan
fungsi.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi dan fungsi,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah
hasil, relasi, fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian relasi
yang merupakan suatu fungsi.
Mengomunikasikan Menyampaikan pengertian daerah asal, daerah kawan, dan
daerah hasil, relasi, fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian
relasi yang merupakan suatu fungsi
dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas ·
Membaca mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan,
dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi. ·
Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan
daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian
suatu relasi dan fungsi. Portofolio Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes Tes tertulis bentuk
uraian mengenai yang terkait daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari
berbagai penyajian suatu relasi dan
fungsi. |
2 x 4 jam pelajaran |
·
Buku Matematika kelas X. ·
Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.6 Mendeskripsikan daerah
asal,
daerah kawan,
dan daerah
hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan
dalam
berbagai bentuk (grafik,
himpunan pasangan
terurut, atau ekspresi
simbolik) 3.7 Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai
bentuk yang merupakan
fungsi. |
|
|
||||
4. 7. Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam
menyelesaikan masalah. |
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Barisan dan Deret
|
Mengamati Membaca, mengenai pengertian,
pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Menanya Membuat pertanyaan
mengenai pengertian barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan
geometri.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian dan perbedaan barisan dan deret aritmatika dan
geometri.
Mengomunikasikan Menyampaikan pengertian, perbedaan dan penerapannya
dalam penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan pola-pola barisan
dan deret aritmatika dan geometri dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas ·
Mencari dan membaca mengenai pengertian, pola-pola
barisan dan deret aritmatika dan geometri. ·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai memprediksi dan
menemukan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Portofolio Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes Tes tertulis bentuk
uraian mengenai penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan pola-pola barisan
dan deret aritmatika dan geometri. |
2 x 4 jam pelajaran |
·
Buku Matematika kelas X. ·
Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.8 Memprediksi pola barisan dan
deret aritmetika dan geometri atau
barisan. lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya. |
|
|||||
4.8 Menyajikan
hasil, menemukan
pola barisan dan deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana. |
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Persamaan dan Fungsi Kuadrat |
Mengamati Membaca mengenai berbagai ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat,
dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Menanya Membuat pertanyaan
mengenai cara mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk
menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam
ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat serta penyelesaiannya, dan menggambar
sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada berbagai
ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat,
dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada berbagai
ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat,
dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai cara mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk
menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam
ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi
kuadrat.
Mengomunikasikan Menyampaikan cara mengubah berbagai ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk
menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam
ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi
kuadrati dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas · membaca
mengenai berbagai
ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat,
dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat. · Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri.
Portofolio Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes Tes tertulis bentuk
uraian yang terkait dengan mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk
menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam
ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi
kuadrat. |
3 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas X. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.9 Mendeskripsikan berbagai
bentuk ekspresi yang dapat
diubah menjadi persamaan kuadrat. 3.10 Mendeskripsikan persamaan
dan
fungsi kuadrat, memilih strategi
dan menerapkan
untuk menyelesaikan persamaan
dan fungsi kuadrat
serta memeriksa kebenaran
jawabannya. 3.11 Menganalisis fungsi
dan persamaan
kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah
kontekstual. 3.12 Menganalisis grafik fungsi dari
data terkait masalah
nyata dan menentukan
model matematika berupa fungsi kuadrat. |
|
|||||
4.9 Mengidentifikasi
dan menerapkan konsep fungsi
dan persamaan
kuadrat dalam
menyelesaikan
masalah nyata dan
menjelaskannya secara lisan
dan tulisan. 4.10 Menyusun
model matematika
dari masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan
fungsi kuadrat
dan menyelesaikan
serta memeriksa kebenaran jawabannya. 4.11 Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari
masalah nyata
berdasarkan
data
yang ditentukan
dan menafsirkan karakteristiknya. 4.12 Mengidentifikasi hubungan fungsional kuadratik dari
fenomena sehari-hari
dan menafsirkan makna dari setiap
variabel yang digunakan.
|
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Geometri |
Mengamati Membaca dan mengamati
pengertian, gambar, dan peraga mengenai jarak antar titik, garis, dan bidang,
sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Menanya Membuat pertanyaan
mengenai pengertian, jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis,
dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada jarak antar titik, garis, dan bidang,
sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan
bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian jarak
antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara
menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Mengomunikasikan Menyampaikan pengertian jarak antar titik, garis, dan
bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara menyelesaikan masalah nyata
yang berkaitan dengan jarak dan
sudut antara titik,
garis
dan bidang dengan
lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas · Membaca dan mengamati, pengertian, gambar, dan peraga
mengenai jarak antar titik, garis, dan
bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang
berkaitan dengan jarak dan sudut antara
titik, garis dan
bidang. · Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri.
Portofolio Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes Tes tertulis bentuk
uraian mengenai jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan
bidang, serta cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang. |
2 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas X. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.13 Memahami konsep jarak dan sudut antar titik,
garis
dan bidang melalui demonstrasi
menggunakan alat
peraga atau media lainnya. |
|
|||||
4.13 Menggunakan
berbagai prinsip bangun datar dan
ruang serta dalam menyelesaikan masalah
nyata berkaitan
dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
|
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Trigonometri |
Mengamati Membaca mengenai
pengertian perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan mengamati grafik fungsi trigonometri.
Menanya Membuat pertanyaan
mengenai pengertian perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri, kemudian menghubungkan unsur-unsur
yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengomunikasikan Menyampaikan pengertian perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas · Membaca
mengenai pengertian perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri. · Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan perbandingan
trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes Tes tertulis bentuk
uraian mengenai perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri. |
4 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas X. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.15 Memahami konsep
perbandingan trigonometri
pada segitiga
siku-siku melalui penyelidikan
dan diskusi tentang hubungan perbandingan
sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun. 3.16 Menemukan sifat-sifat dan
hubungan antar perbandingan
trigonometri dalam
segitiga siku-
siku. 3.17 Memahami dan
menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri
dari sudut di setiap
kuadran, memilih dan menerapkan
dalam
penyelesaian
masalah nyata
dan matematika 3.18 Memahami konsep
fungsi Trigonometri
dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai
fungsi
Trigonometri dari sudut-
sudut istimewa
|
|
|||||
4.14 Menerapkan perbandingan trigonometri dalam
menyelesaikan masalah. 4.15.
Menyajikan grafik fungsi trigonometri. |
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Limit Fungsi Aljabar |
Mengamati Membaca mengenai pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan dalam konteks nyata, mengamati contoh penggunaan aturan
dan sifat limit fungsi aljabar.
Menanya Membuat pertanyaan
mengenai pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan sifat limit
fungsi aljabar.
Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika
dan geometri.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada limit fungsi aljabar, aturan, dan sifat limit fungsi aljabar,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan
dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata. Mengomunikasikan Menyampaikan
pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan sifat limit fungsi
aljabar dalam masalah nyata. dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas · Membaca
mengenai pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan dalam konteks nyata, mengamati contoh
penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar. · Mengerjakan
latihan soal-soal aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
Portofolio Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes Tes tertulis bentuk
uraian mengenai penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam
masalah nyata. |
2,5 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas X. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.18 Memahami konsep
limit fungsi aljabar
dengan menggunakan
konteks nyata dan menerapkannya. 3.19 Merumuskan aturan
dan sifat limit fungsi aljabar
melalui pengamatan contoh-contoh. |
|
|||||
4.16 Memilih strategi yang
efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang limit
fungsi aljabar. |
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Statistika |
Mengamati Mengamati berbagai
penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
Menanya Membuat pertanyaan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam
bentuk atau diagram/plot.
Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada berbagai
penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada berbagai penyajian
data dalam bentuk atau diagram/plot, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang
sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
Mengomunikasikan Menyampaikan cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot dengan
lisan, tulisan, dan diagram. |
Tugas · Mengamati
berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya. · Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
Portofolio Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada. Tes Tes tertulis bentuk
uraian mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot. |
2 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas X. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.20 Mendeskripsikan berbagai penyajian
data
dalam bentuk tabel
atau diagram/plot yang sesuai
untuk mengomunikasikan informasi
dari suatu kumpulan data
melalui analisis perbandingan
berbagai variasi penyajian
data. 3.21 Mendeskripsikan data dalam bentuk
tabel atau
diagram/plot tertentu
yang sesuai dengan
informasi yang ingin
dikomunikasikan. |
|
|||||
4.17 Menyajikan data
nyata dalam bentuk
tabel atau
diagram/plot tertentu
yang sesuai dengan
informasi yang ingin
dikomunikasikan. |
|
|||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Peluang |
Mengamati Membaca dan mengamati
pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai
objek.
Menanya Membuat pertanyaan mengenai pengertian peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian
peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian peluang suatu
kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek, kemudian menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian peluang suatu
kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengomunikasikan Menyampaikan pengertian
peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek
dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas · Membaca dan mengamati
pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai
objek. · Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan peluang suatu kejadian yang diperoleh
dari percobaan berbagai objek.
Portofolio Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes Tes tertulis bentuk
uraian yang terkait dengan peluang suatu kejadian yang diperoleh dari
percobaan berbagai objek. |
2 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas X. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.22 Mendeskripsikan konsep
peluang suatu kejadian menggunakan berbagai
objek nyata dalam
suatu percobaan
menggunakan frekuensi relatif. |
|
|
||||
4.18 Menyajikan hasil penerapan
konsep peluang untuk menjelaskan
berbagai objek nyata
melalui percobaan menggunakan
frekuensi relatif. |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar