Pemetaan Materi
1. Matriks dalam Sistem Persamaan Linier ,
2. Barisan Tak Hingga
3. Bunga, Pertumbuhan, dan Peluruhan,
4. Induksi Matematika
5. Diagonal Ruang, Diagonal Bidang, dan Bidang Diagonal,
6. Konsep Jumlah Riemann, dan
7. Teorema Fundamental Kalkulus.
SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas : XII
Kompetensi Inti (KI) :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusiatas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
KI 3:Memahami, menerapkan,menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI
4: Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
|||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan
menunjukkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan
percaya diri dalam melakukan kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah
nyata. |
Matriks . |
Mengamati Membaca dari berbagai
sumber untuk mencari beberapa persamaan linear dan mempelajari langkah
mendapatkan himpunan penyelesaiannya. Menanya ·
Berdiskusi membahas beberapa persamaan linear dan cara penyelesaiannya ·
Menyatakan persamaan linear tersebut
sebagai operasi perkalian matriks Mengeksplorasikan ·
Mengelompokkan persamaan linear
berdasarkan grafik (berpotongan, sejajar
atau berhimpit) ·
Menentukan invers dari matriks yang
elemennya merupakan koefisien dari
persamaan linear Mengasosiasikan Menganalisis grafik
persamaan linear dan mengelompokkan berdasarkan nilai determinan matriks
koefisien persamaan linear. Mengomunikasikan ·
Menjelaskan cara penyelesaian
persamaan linear menggunakan invers matriks ·
Menjelaskan cara mengidentifikasi
persamaan linear (berpotongan, sejajar atau berhimpit) menggunakan nilai determinan matriks
dari koefisien persamaan linear. |
Tugas Mencari persamaan
linear dalam kehidupan sehari-hari, kemudian dibuat persamaan dalam bentuk
matriks Observasi Menentukan nilai
determinan dari persamaan tersebut kemudian menentukan penyelesaiannya Portofolio Persamaan linear dari
masalah sehari-hari, persamaan
matriks dan nilai determinan serta penyelesaian persamaan tersebut Tes Tes tertulis berbentuk uraian |
4 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas XII. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
||||
3.1 Menganalisis
konsep, nilai determinan dan sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam
menentukan invers matriks dan dalam memecahkan masalah. |
|
||||||||
4.1 Menyajikan dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk
persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan
linear . |
|
||||||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan
menunjukkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan
percaya diri dalam melakukan kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah
nyata. |
Barisan
tak hingga |
Mengamati Membaca dari berbagai
buku atau sumber lain untuk memperoleh beberapa contoh barisan tak hingga. Menanya
Melalui diskusi
kelompok membuat pertanyaan yang muncul dari barisan tak hingga misalnya suku
pertama, serta rasio dari setiap barisan tak hingga. Mengeksplorasikan Menentukan ciri yang
menonjol pada barisan tak hingga. Mengasosiasikan Menyimpulkan hubungan
antara beberapa permasalahan sehari-hari
dengan barisan atau deret tak hingga Mengomunikasikan Menjelaskan penerapan
barisan atau deret pada permasalah
sehari-hari |
Tugas Mencari barisan tak
hingga dalam kehidupan sehari-hari Observasi Menggunakan konsep
barisan tak hingga untuk menyelesaikan masalah sehari-hari Portofolio Menyusun hasil
pencarian barisan tak hingga dalam kehidupan sehari-hari serta
penyelesaiannya. Tes Tes tertulis bentuk
uraian. |
3 x 4 jam pejajaran |
· Buku
Matematika kelas XII. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
||||
3.2
Memahami konsep barisan tak hingga sebagai
fungsi dengan daerah asal himpunan bilangan asli dan menerapkannya dalam
menyelesaikan berbagai masalah. |
|||||||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2 Memiliki dan menunjukkan rasa ingin tahu,
motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan percaya diri dalam melakukan
kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah nyata. |
Bunga, Pertumbuhan, dan Peluruhan . |
Mengamati Membaca dari berbagai
sumber untuk memeperoleh informasi tentang perhitungan bunga, perhitungan
pertumbuhan jumlah penduduk atau peluruhan pada mata pelajaran lain Menanya Mendiskusikan
perhitungan bunga, pertumbuhan atau
peluruhan. Membuat pertanyaan dari masalah tersebut dipandang dari konsep
barisan dan deret Mengeksplorasikan Menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan dan peluruhan Mengasosiasikan Mengklasifikasi atau membuat kategori maslah bunga,
pertumbuhan, peluruhan Mengomunikasikan ·
Menjelaskan
atau menyusun perbedaan perbedaan bunga tunggal, bunga majemuk ·
Menjelaskan
penerapan pertumbuhan atau peluruhan pada masalah sehari-hari ataupun pada mata pelajaran lain |
Tugas Mencari permasalah
bunga majemuk, pertumbuhan penduduk dan peluruhan atau penurunan nilai suatu
barang Observasi Menggunakan konsep
barisan dan deret untuk menyelesaikan masalah sehari-hari Portofolio Merangkum permasalahan
bunga, pertumbuhan atau peluruhan serta penyelesaian masalah dalam kehidupan
sehari-hari Tes Tes tertulis bentuk
uraian |
5 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas XII. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
||||
3.3
Memahami dan menerapkan konsep
barisan dan deret pada konteks dunia nyata seperti bunga, pertumbuhan, dan peluruhan. |
|||||||||
4.2
Mengidentifikasi, menyajikan model
matematika dan menyelesaikan masalah keseharian yang berkaitan dengan barisan
dan deret aritmetika, geometri dan yang lainnya 4.3
Menerapkan konsep dan menemukan pola
barisan dan deret dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah nyata terkait
perhitungan bunga majemuk, pertumbuhan dan peluruhan |
|||||||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan
menunjukkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan
percaya diri dalam melakukan kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah
nyata. |
i.
ii.
iii.
iv.
v.
vi.
vii.
viii.
ix.
x.
xi.
xii.
Induksi
matematika |
Mengamati Membaca dari berbagai
sumber untuk memeperoleh informasi tentang prinsip induksi matematika Menanya Mendiskusikan langkah
yang harus dilakukan dalam pembuktian dengan metode induksi matematika Mengeksplorasikan Menentukan bentuk
permaslahan barisan yang dapat dibuktikan melalui induksi matematika Mengasosiasikan Menentukan langkah-langkah
serta menganalisis pengetahuan yang dibutuhkan dalam induksi matematika Mengomunikasikan Menjelaskan pembuktian rumus jumlah persegi dan kubik dengan
induksi matematika |
Tugas Mencari contoh
pembuktian melalui induksi Observasi Mempelajari dan
mengamati pembuktian suatu bentuk rumus dengan induksi matematika Portofolio Merangkum langkah- langkah
yang diperlukan dalam pembuktian dengan metode induksi matematika Tes Tes tertulis bentuk
uraian |
4 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas XII. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
||||
3.4
Memahami prinsip induksi matematika
dan menerapkannya dalam membuktikan
rumus jumlah deret persegi dan kubik |
|||||||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan
menunjukkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan
percaya diri dalam melakukan kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah
nyata. |
Diagonal
ruang, Diagonal
bidang, Bidang
diagonal |
Mengamati Membaca dari berbagai
sumber untuk memeperoleh informasi tentang diagonal ruang, diagonal bidang
dan bidang diagonal Menanya Mendiskusikan sifat
dan konsep diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal Mengeksplorasikan
Menentukan banyaknya diagonal
ruang,diagonal bidang dan bidang diagonal bangun-bangun ruang dimensi tiga Mengasosiasikan Menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada diagonal ruang,
diagonal bidang dan bidang diagonal serta masalah yang berkaitan dengan diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang
diagonal Mengomunikasikan Menyampaikan konsep
dan sifat diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal, serta cara
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal |
Tugas Membuat beberapa model bangun ruang Observasi Mengambar atau
menentukan diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal pada bagun
ruang dmensi tiga Portofolio Merangkum sifat
diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal suatu bangunruang
dimensti tiga Tes Tes tertulis bentuk
uraian |
6 x 4 jam pelajaran
|
· Buku
Matematika kelas XII. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
||||
3.5
Menganalisis konsep dan sifat diagonal
ruang,diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga
serta menerapkannya dalam memecahkan |
|
||||||||
4.4 Menggunakan
berbagai prinsip konsep dan sifat diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang
diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga serta menerapkannya dalam memecahkan. |
|
||||||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan
menunjukkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan
percaya diri dalam melakukan kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah
nyata.. |
Konsep jumlah Riemann |
Mengamati ·
Membaca dari berbagai sumber untuk
memperoleh informasi tentang konsep jumlah Rieman. ·
Mencari informasi tentang fungsi non-negatif. Menanya Mendiskusikan atau
membuat pertanyaan tentang fungsi non-negatif, konsep integrabel (dapat
diintegralkan), dan prinsip jumlah Rieman. Mengeksplorasikan
Menentukan grafk fungsi non-negative dalam interval tertentu dan
dan membagi dalam beberapa bagian yang sama Mengasosiasikan Menganalisis konsep jumlah Riemann dan menerapkan pada
suatu grafik fungsi nonnegatif Mengomunikasikan Menyampaikan konsep
jumlah Rieman dan menerapkan konsep tersebut pada grafik suatu fungsi non-negatif serta menggnakan aturan integral tentu pada grafik tersebut |
Tugas Mencari beberapa
fungsi non-negatif lalu membuat grafiknya Observasi Membagi grafik fungsi
non-negatif interval tetentu menjadi beberapa
bagian yang sama Portofolio Menyusun grafik fungsi
non-negatif, kemudian membagi dalam beberapa
bagian yang sama lalu menerapkan kionsep jumlah Rieman dan menerapkan aturan integral
tentu Tes Tes tertulis bentuk
uraian |
5 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas XII. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
||||
3.6
Memahami konsep jumlah Rieman dan
integral tentu suatu fungsi dengan menggunakan fungsifungsi sederhana
non-negatif |
|
||||||||
4.5
Mengolah data dan membuat model
fungsi sederhana non negatif dari
nyata serta menginterpretasikan masalah dalam gambar dan menyelesaikan
masalah dengan mengunakan konsep dan aturan integral tentu |
|
||||||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan
menunjukkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan
percaya diri dalam melakukan kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah
nyata. |
Teorema Fundamental Kalkulus. |
Mengamati Membaca dari berbagai
sumber untuk memperoleh informasi tentang Teorema fundamental kalkulus. Menanya Mendiskusikan atau
membuat pertanyaan tentang teorema dasar kalkulus Mengeksplorasikan
Menentukan perbedaan
integral tentu dan tak tentu pada suatu fungsi sederhana Mengasosiasikan Menganalisis konsep teorema fundamental kalkulus dalam
integral tentu fungsi sederhana dan
menentukan hubungan antara integral dalam integral tentu maupun integral tak
tentu Mengomunikasikan Menyampaikan konsep atau pengertian teprema fundamental
kalkulus, kemudian menngunakan teorema tersebut dalam pemecahan masalah |
Tugas Mencari beberapa
fungsi sederhana Observasi Menyelidiki
kontinuitas fungsi sederhana dalam interval tertentu lalu menyelesaikan
dengan teorema fundamental kalkukus Portofolio Menyusun fungsi
sederha, kemudian menentukan kontinuitas fungsi pada interval tetentu serta
menggunakan teorema fundamental kalkulus pada interval tersebut. Tes Tes tertulis bentuk
uraian |
5 x 4 jam pelajaran |
· Buku
Matematika kelas XII. · Buku
referensi dan artikel yang sesuai. |
||||
3.7
Menggunakan Teorema Fundamental
Kalkulus untuk menemukan hubungan antara integral dalam integral tentu dan
dalam integral tak tentu |
|||||||||
4.6 Mengajukan
masalah nyata dan mengidentifikasi sifat fundamental kalkulus dalam integral
tentu fungsi sederhana serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. . |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar