Pemetaan Materi
1. Operasi Aljabar,
2. Fungsi,
3. Persamaan Garis Lurus,
4. Persamaan Linier Dua Variabel,
5. Sistem Koordinat,
6. Persamaan Kuadrat,
7. Perbandingan,
8. Teorema Pythagoras,
9. Lingkaran,
10. Bangun Ruang Sisi Datar (kubus, balok, prisma, dan limas),
11. Penyajian Data: Diagram batang, Diagram lingkaran, Grafik , dan
12. Peluang Empirik, dan Peluang Teoritik.
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Kompetensi
Inti (KI) :
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
|
Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak
langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4 |
Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi,
penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal |
|
|
2.1
Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. 2.2
Memiliki rasa ingin tahu,
percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya
pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar. 2.3
Memiliki sikap terbuka,
santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari. |
|
|
|
|
|
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan
bilangan rasional |
Operasi Aljabar |
Mengamati §
Mencermati bentuk aljabar dalam masalah
sehari- hari atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep §
Mencermati penjumlahan dan pengurangan
bentuk aljabar yang disajikan §
Mencermati cara pengalian bentuk aljabar
dengan cara bersusun §
Mencermati masalah mengenai pembagian
bentuk aljabar §
Mencermati cara menyederhanakan bentuk
aljabar
Menanya §
Menanya tentang berbagai bentuk aljabar dari masalah
sehari-hari. Misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke
bentuk aljabar, bagaimana mengubah masalah atau bahasa sehari-hari ke dalam
bentuk aljabar, atau apakah simbol (variabel) yang boleh digunakan hanya x
dan y? §
Menanya tentang proses penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar serta bentuk aljabar yang bagaimana yang bisa
dijumlahkan atau dikurangkan §
Menanya tentang pengalian bentuk aljabar
dan apakah setiap bentuk aljabar bisa dikalikan §
Menanya tentang pembagian bentuk
aljabar. Misal: Bagaimana jika pada pembagian bentuk aljabar sisanya tidak
nol atau apakah setiap bentuk aljabar bisa dibagi dengan bentuk aljabar yang
lain §
Menanya tentang cara-cara penyederhanaan
bentuk aljabar. Misal: bagaimana menyederhanakan bentuk aljabr yang lebih
rumit atau bagaimana kita bisa tahu langkah demi langkah pada penyederhanaan
bentuk aljabar
Mengumpulkan informasi §
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal, gambar atau
diagram, dan selanjutnya dalam bentuk atau ekspresi aljabar §
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk atau ekspresi aljabar tertentu §
Menggali informasi tentang klasifikasi
bentuk aljabar berdasarkan suku, variabel, koefisien, dan konstata §
Menggali informasi tentang penjumlahan
dan pengurangan bentuk aljabar. Informasi yang digali adalah tentang suku
sejenis dan contoh-contoh penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar §
Menggali informasi tentang perkalian dan
faktor tentang faktor dari bentuk aljabar. Digali juga mengenai sifat
komutatif, asosiatif, dan distributif pada penjumlahan dan perkalian bentuk
aljabar §
Menggali informasi tentang dan pembagian
bentuk aljabar. Misal: Pembagian bentuk aljabar hasil bagianya tidak selalu
bersisa nol dan bagaimana pembagian bentuk aljabar yang sisanya bukan nol. §
Menggali informasi tentang cara
penyederhaan bentuk aljabar, membentuk ekspresi aljabar tertentu, atau
menunjukkan/ membuktikan kesamaan antara bentuk aljabar
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis berbagai bentuk aljabar
dari masalah sehari-hari §
Menganalisis penjumlahan dan pengurangan
bentuk aljabar dan membuat prosedur penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar §
Menganalisis hasil kali dan hasil bagi
bentuk aljabar §
Menganalisis bagaimana menyederhanakan
bentuk aljabar dan bagaimana bentuk aljabar dikatakan sederhana §
Menganalisis ketidaksamaan dua bentuk
aljabar menggunakan contoh penyangkal
Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pengenalan, penjumlahan dan
pengurangan, perkalian dan pembagian, serta penyederhanaan bentuk aljabar §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai operasi aljabar
Pengetahuan: Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan operasi aljabar §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan operasi bentuk aljabar dalam
keseharian
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan operasi aljabar
Keterampilan: Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek §
Melakukan permainan mengenai tanggal
lahir danmenentukan cara menebakk tanggal lahir dengan tepat |
10 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan operasi aljabar, lingkungan, alat peraga yang berkaitan
denga operasi aljabar |
3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan
berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
|
Fungsi
|
Mengamati §
Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi §
Mencermati beberapa relasi yang terjadi
diantara dua himpunan §
Mencermati ciri-ciri suatu fungsi dari
contoh yang diberikan §
Mencermati cara-caa penyajian fungsi
yang biasa digunakan dalam matematika
Menanya §
Menanya tentang manfaat fungsi dalam
kehidupan sehari-hari §
Menanya tentang ciri-ciri fungsi, bentuk
fungsi, langkah menemukan fungsi, dan penyajiannya dalam berbagai cara, serta
penggunaan fungsi.
Mengumpulkan informasi §
Menggali informasi tentang contoh fungsi dan bukan fungsi §
Menggali informasi tentang pengertian
relasi, fungsi, atau pemetaan §
Mengidentifikasi perbedaan dan persamaan
tentang pengertian relasi, fungsi atau pemetaan §
Menggali informasi tentang suatu fungsi
dengan notasi, nilai suatu fungsi, dan bentuk fungsi jika nilai dan data
fungsi diketahui §
Menggali informasi tentang pasangan
berurutan dari data fungsi, tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi,
dan rumus fungsi dari data fungsi §
Menggali informasi tentang grafik fungsi
pada koordinat cartesius §
Menggali informasi tentang penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan nilai fungsi
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis penerapan matematika yang
berkaitan dengan fungsi §
Menganalisis persamaan dan perbedaan
relasi dan fungsi §
Menganalisis perbedaan relasi dan fungsi
melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas
sosial sehari-hari §
Menganalisis unsur-unsur dalam membuat
tabel, diagram, dan grafik dari suatu fungsi
Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai ciri-ciri dan bentuk penyajian
fungsi §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik relasi dan fungsi
Pengetahuan Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan fungsi, bentuk fungsi, dan penyajiannya §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan fungsi dalam kehidupan sehari-hari §
Tes tertulis mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan fungsi
Keterampilan: Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan fungsi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Projek §
Mencari informasi ke warnet atau wartel
dalam menentukan tarif per satuan waktu
|
10 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan fungsi, alat peraga, lingkungan |
3.4 Menentukan persamaan garis lurus dan
grafiknya
|
Persamaan Garis Lurus |
Mengamati §
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan garis lurus §
Mencermati cara menentukan titik yang
dilalui persamaan garis lurus pada tabel dan cara menggambar grafiknya §
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan kemiringan persamaan garis lurus §
Mencermati cara penyelesaian tentang
kemiringan garis yang melalui dua titik
Menanya §
Menanya tentang permasalahan sehari-hari
yang berhubungan dengan persamaan garis lurus §
Menanya tentang syarat suatu persamaan
apa supaya grafik yang disajikan berupa garis lurus §
Menanya tentang persamaan garis lurus
yang memotong sumbu-x dan sumbu-y di satu titik §
Menanya tentang cara menentukan
kemiringan garis lurus yang melalui dua titik § Menanya
tentang cara menentukan rumus kemiringan garis lurus yang melalui dua titik § Menanya
tentang kemiringan suatu garis yang sejajar dengan sumbu koordinat §
Menanya penyelesaian tentang kemiringan
pada persamaan garis lurus
Mengumpulkan informasi §
Menggali menggali informasi tentang
penerapan persamaan garis lurus dalam masalah sehari-hari §
Menggali informasi tentang syarat suatu
persamaan yang menghasilkan grafik garis lurus yag tetapat di satu titik,
yaitu titik (0, 0) melalui beberapa contoh yang disajikan §
Menggali informasi tentang fungsi linear
satu variabel ke bentuk persamaan garis lurus dan menyajikannya ke dalam
grafik garis lurus §
Menggali informasi tentang sifat-sifat
berbagai persamaan garis lurus yang grafiknya berpotongan tegal lurus dan
tidak tegak lurus, serta yang sejajar §
Menggali informasi tentang ciri, sifat
dan karakteristik dari gradien atau kemiringan suatu persamaan garis lurus §
Menggali informasi gradien atau
kemiringan garis lurus dalam berbagai bentuk §
Menggali informasi untuk persamaan garis
lurus yang melalui dua titik §
Menggali informasi untuk memecahkan
masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis permasalahan sehari-hari
berkaitan dengan persamaan garis lurus §
Menganalisis penentuan titik potong dua
garis §
Menganalisis pengertian gradien atau
kemiringan garis lurus berdasarkan gambar persamaan garis lurus yang
berbeda-beda §
Menganalisis unsur-unsur dalam
menentukan persamaan garis lurus baik yang melalui satu titik maupun dua titik
Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai grafik persamaan garis lurus, kemiringan persamaan garis lurus, dan cara
menentukan persamaan garis lurus §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan aris
lurus
Pengetahuan: Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan persamaan garis lurus §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi tentang persamaan garis §
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan menentukan persamaan garis lurus
Keterampilan: Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan persamaan garis lurus dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek §
Membuat grafik persamaan garus lurus
menggunakan komputer
|
15 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, alat peraga, lingkungan |
3.2 Menentukan
nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata 4.1 Membuat dan menyelesaikan model matematika
dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
|
Persamaan Linear Dua
Variabel |
Mengamati §
Mencermati tentang masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel §
Mencermati cara membuat persamaan linear
dua variabel dari masalah sehari-hari §
Mencermati contoh selesaian dan bukan
selesaian permasalahan linear dua variabel dari masalah sehari-hari §
Mencermati cara membuat persamaan linear
dua variabel dari masalah sehari-hari §
Mencermati cara membuat model masalah
dari sistem persamaan dua variabel
Menanya §
Menanya tentang permasalahan sehari-hari
yang berhubungan dengan persamaan linear dua variabel §
Menanya tentang hubungan persamaan
linear dengan persamaan garis lurus §
Menanya tentang cara menentukan
selesaian persamaan linear dua variabel §
Menanya tentang cara menyelesaikan dua
buah persamaan dua variabel sehingga memiliki satu selesaian
Mengumpulkan informasi §
Menggali informasi tentang permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel §
Menggali informasi tentang persamaan
linear dua variabel tertentu §
Menggali informasi tentang perbedaan
persamaan linear dua variabel dengan sistem persamaan linear dua variabel §
Menggali informasi tentang masalah
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dengan merepresentasikan
secara matematis, melalui model atau melalui diagram §
Menggali informasi tentang algoritma
atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel §
Menggali informasi tentang metode
penyelesaian masalah yang berkaitan berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel §
Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang melibatkan sistem
persamaan linear dua variabel dan pemecahan masalahnya. §
Menggali informasi tentang penyelesaian
persamaan non linear dua variabel dengan mengubah bentuk ke sistem persamaan
linear dua variabel
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan bentuk persamaan linear dua variabel §
Menganalisis perbedaan persamaan yang
merupakan persamaan linear dua variabel dan yang bukan §
Menganalisis perbedaan persamaan linear
dua variabel dengan sistem persamaan linear dua variabel §
Menganalisis model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai persamaan persamaan linear dua
variabel, menentukan selesaian persamaan linear dua variabel, dan membuat
model masalah dari sistem persamaan persamaan linear dua variabel §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan linear
dua variabel
Pengetahuan: Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan persamaan linear dua variabel §
Tes tertulis mengerjakan soal-soal
persamaan linear dua variabel
Keterampilan: §
Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dan penerapannya kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Projek §
Mengumpulkan data dari sebuah kran air
yang bocor per lima detik dan dari hasil pengamatan tersebut dibuat makalah
atau paper |
20 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel, alat peraga, lingkungan |
3.10 Menggunakan koordinat Cartesius dalam menjelaskan posisi
relatif benda terhadap acuan tertentu
|
Sistem Koordinat |
Mengamati §
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem koordinat §
Mencermati jarak titik-titik terhadap
sumbu-x dan sumbu-y dan hubungannnya dengan koordinat
titik-titik tersebut §
Mencermati titik-titik yang memiliki
jarak yang sama terhadap sumbu-x dan sumbu-y tetapi memiliki
koordinat yang berbeda, karena titik-titik tersebut berada pada kuadran yang
berbeda §
Mencermati posisi titik terhadap titik
asal (0, 0) dan titik tertentu (a, b) §
Mencermati posisi garis yang sejajar,
tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu-x dan sumbu-y
Menanya §
Menanya tentang masalah sehari-hari yang
berkaitan sistem koordinat dan jenis sistem koordinat §
Menanya tentang jarak titik-titik dari
sumbu-x dan sumbu-y §
Menanya tentang koordinat suatu titik
terhadap titik pusat) dan titik lainnya §
Menanya tentang sejajar atau tidak,
tegak lurus atau tidak, dan berpotongan atau tidak suatu garis dengan sumbu-x
dan sumbu-y
Mengumpulkan informasi §
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang berkaitan sistem koordinat dan jenis sistem koordinat §
Mengali informasi yang berkaitan dengan
koordinat titik pada bidang koordinat kartesius yang berada pada empat
kuadran §
Menggali informasi perbedaan titik yang
berada di masing-masing kuadran §
Menggali informasi tentang konsep, sifat
dan unsur-unsur yang membentuk sistem koordinat Cartesius §
Menggali informasi tentang kedudukan
suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem koordinat
Cartesius §
Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan arah dari suatu benda atau
letak suatu tempat, serta unsur atau komponen peta yang lengkap dalam sistem
koordinat §
Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan arah dari suatu benda dan
letak suatu tempat pada sistem koordinat §
Menggali informasi tentang posisi garis
yang sejajar, tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu-x dan sumbu-y
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis penerapan sistem koordinat
dalam masalah sehari-hari §
Menganalisis perbedaan koordinat
titik-titik yang berada di sebelah kanan dan sebelah kiri sumbu-y §
Menganalisis perbedaan koordinat
titik-titik yang berada di atas dan bawah sumbu-x §
Menganalisis koordinat-titik-titik yang
memiliki jarak yang sama dan tidak sama dengan sumbu-x dan sumbu-y §
Menganalisis koordinat suatu titik
tertentu terhadap titik tertentu §
Menganalisis garis yang melalui suatu
titik, apakah sangat sejajar, tegak lurus, atau berpotongan §
Menganalisis bangun apa yang terbentuk
titik-titik yang berada pada bidang kordinat dihubungkan §
Menganalisis letak suatu benda bersifat
relatif apabila pusat koordinat digeser, dan implementasinya dalam penerapan
garis lintang dan garis bujur bumi
Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai posisi titik terhadap sumbu-x
dan sumbu-y, posisi titik terhadap titik asal (0,0) dan titik tertentu
(a, b), dan posisi garis terhadap sumbu-x dan sumbu-y §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan |
Sikap: Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai sistem koordinat
Pengetahuan: Penugasan §
Tugas terstruktur mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan sistem koordinat §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan sistem koordinat dalam keseharian §
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan sistem koordinat
Keterampilan: Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan sistem koordinat dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek §
Mencari peta suatu kota, lalu membuat
pertanyaan berkaitan dengan sistem koordinat |
10 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan sistem koordinat, peta, alat
peraga lainnya, lingkungan |
3.3
Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui
|
Persamaan Kuadrat |
Mengamati §
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat §
Mencermati bentuk umum dan cara
memfaktorkan dari persamaan kuadrat §
Mencermati cara menentukan persamaan
kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna §
Mencermati aplikasi persamaan kuadrat
dalam masalah nyata
Menanya §
Menanya tentang pentingnya persamaan
kuadrat dan apa kaitannya dengan permasalahan sehari-hari §
Menanya tentang cara menentukan nilai
dari persaman kuadrat §
Menanya tentang perbandingan dalam
cara memfaktorkan dan melengkapkan
kuadrat sempurna
Mengumpulkan informasi §
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat §
Menggali informasi tentang ciri, sifat
dan karakteristik variabel, koefisien, konstata, dan derajat dari suatu
persamaan kuadrat §
Menggali informasi tentang strategi
memfaktorkan berbagai bentuk persamaan kuadrat §
Menggali informasi tentang cara
mennetukan persamaan kuadrat dengan rumus kuadratik §
Menggali informasi tentang diskriminan
pada persamaan kuadrat §
Menggali informasi tentang bentuk suatu
persamaan kuadrat berdasarkan kriteria koefisien dan konstata yang dimiliki
serta melakukan manipulasi aljabar tertentu untuk menyederhanakan atau
mengubah bentuk suatu ekspresi ke bentuk persamaan kuadrat §
Menggali informasi untuk menentukan
solusi persamaan kuadrat atau besaran yang dicari dari masalah, serta
memberikan alasan kebenaran solusinya §
Menggali informasi aplikasi persamaan
kuadrat dalam masalah nyata
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis penerapan persamaan kuadrat
dalam kehidupan sehari-hari §
Menganalisis langkah-langkah menentukan
persamaan kuadrat jika diketahui adalah akar-akar persamaannya §
Menganalisis determinan dan selesaian
akar persamaan kuadrat §
Menganalisis perbedaan persamaan kuadrat
dan bentuk lainnya melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena
alam dan aktifitas sosial sehari-hari §
Menganalisis unsur-unsur persamaan
kuadrat berdasarkan kurvanya Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penentuan akar persamaan kuadrat
dengan memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna, serta penerapan
persamaan kuadrat dalam masalah nyata §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan |
Sikap Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan kuadrat
Pengetahuan Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan persamaan kuadrat §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan persamaan kuadrat dalam keseharian §
Tes tertulis mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan persamaan kuadrat
Keterampilan: Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan persamaan kuadrat kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek §
Menemukan permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat, lalu membuat soal dan solusi yang
berkaitan dengan permasalahan tersebut |
10 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, alat peraga, lingkungan |
3.12
Memahami konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 4.4 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmetika
|
Perbandingan |
Mengamati §
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan perbandingan §
Mencermati contoh dan konsep perbandingan senilai dalam kehidupan nyata
seperti hubungan jarak tempuh dan pertamax yang dibutuhkan §
Mencermati contoh dan konsep
perbandingan berbalik nilai dalam kehidupan nyata seperti hubungan waktu dan
kecepatan, banyak pekerja dan waktu penyelesaian, dan lain sebagainya
Menanya §
Menanya tentang perbandingan, skala,
rasio, dan pentingnya untuk memodelkan
dan menyelesaikan masalah sehari-hari §
Menanya tentang perbandingan senilai dan
berbalik nilai §
Menanya tentang cara mengubah masalah
sehari-hari ke model, denah atau peta, dan sebaliknya
Mengumpulkan informasi §
Menggali informasi tentang bentuk
perbandingan atau proporsi §
Menggali informasi tentang perbandingan
senilai dan berbalik nilai §
Menggali informasi suatu perbandingan ke
dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling sederhana §
Menggali informasi tentang nilai
perbandingan/proporsi kuantitas benda dengan kuantitas benda dalam suatu
kumpulan benda §
Menggali informasi tentang nilai
perbandingan yang bersifat seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai
dari dua besaran yang memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk
tabel, grafik dan persamaan §
Menggali informasi tentang nilai
perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda,
termasuk penerapannya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri,
sains) dan masalah lainnya berkaitan dengan perbandingan §
Menggali informasi tentang perbandingan dalam menyelesaikan masalah
matematika atau masalah sehari-hari §
Menggali informasi tentang nilai suatu
perbandingan berdasarkan tabel, grafik, dan persamaan §
Menggali informasi tentang besaran yang
tidak diketahui berdasarkan tabel, grafik, dan aritmatika
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis penerapan perbandingan
dalam masalah nyata §
Menganalisis pernyataan yang berkaitan
dengan perbandingan senilai §
Menganalisis sifat perbandingan (linear,
tidak linear, seharga, tidak seharga menggunakan contoh atau logika berpikir) §
Menganalisis perbedaan perbandingan
langsung dan tidak langsung melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari §
Menganalisis sifat perbandingan berdasar
perilaku grafiknya Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan senilai dan berbalik
nilai §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai perbandingan
Pengetahuan Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan perbandingan dalam keseharian
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan perbandingan
Keterampilan Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Projek §
Menyelidiki bagaimana tinggi bola
dijatuhkan berkaitan dengan tinggi pantulan lalu dibuat grafik, lakukan
beberapa kali percobaan dan bandingkan hasilnya |
10 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan, alat peraga, lingkungan |
3.8 Memahami Teorema Pythagoras melalui alat
peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan 4.3 Menggunakan pola dan generalisasi untuk
menyelesaikan masalah nyata 4.5 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk
menyelesaikan berbagai masalah
|
Teorema Pythagoras |
Mengamati §
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan teorema pythagoras §
Mencermati ilustrasi dalam pembuktian
teorema pythagoras § Mencermati
hubungan antar panjang sisi siku-siku dan sisi miring pada segitiga siku-siku §
Mencermati penyelesaian masalah nyata
dengan teorema pythagoras
Menanya §
Menanya tentang permasalahan sehari-hari
yang berhubungan dengan teorema pythagoras §
Menanya tentang kelebihan dan manfaat
penggunaan teorema Pythagoras dan pola bilangan, bagaimana mengubah masalah/bahasa
sehari-hari ke dalam teorema Pythagoras dan pola bilangan dan sebaliknya §
Menanya tentang hubungan sisi-sisi
segitiga siku-siku dan teorema pythagoras §
Menanya tentang hubungan antar panjang
sisi siku-siku dan sisi miring pada
segitiga siku-siku
Mengumpulkan informasi §
Menggali informasi tentang bentuk,
unsur, jenis, dan sifat segitiga siku-siku §
Mengali informasi tentang triple
pythagoras yaitu segitiga siku-siku yang ketiga sisinya adalah bilanga bulat §
Menggali informasi tentang sisi-sisi
berbagai segitiga siku-siku untuk menemukan dan menjelaskan teorema
Pythagoras §
Mengidentifikasi teorema pythagoras
berdasarkan pola-pola bilangan §
Menggali informasi tentang ciri, sifat
dan karakteristik serta strategi untuk membentuk pola bilangan yang memenuhi
sifat triple Pythagoras §
Menggali informasi yang berkaitan dengan
masalah penerapan teorema Pythagoras dengan merepresentasikan secara
matematis, melalui model atau melalui diagram §
Menggali informasi tentang algoritma
atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah penerapan teorema Pythagoras §
Menggali informasi tentang metode
penyelesaian masalah berkaitan dengan penerapan teorema Pythagoras
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis penerapan teorema
Pythagoras dan pola bilangan pada masalah nyata §
Menganalisis syarat keberlakuan teorema
Pythagoras dan pola bilangan menggunakan contoh atau logika berpikir §
Menganalisis sifat teorema Pythagoras berdasrkan
pola-pola bilangan §
Menganalisis hubungan antar panjang sisi
pada segitiga khusus §
Menganalisis permasalahan nyata dengan
teorema pythahoras
Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pemahaman teorema pythagoras,
hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus, serta penyelesaian masalah
nyaa dengan teorema pythagoras §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai teorema
pythagoras
Pengetahuan Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan teorema pythagoras §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi sejarah teorema pythagoras
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan teorema pythagoras
Keterampilan Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan teorema pythagoras dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek §
Memperkirakan tinggi suatu pohon atau
gedung menggunakan teorem pthagoras |
20 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan teorema phytagoras,
penggaris, alat peragalainnya,
lingkungan |
3.6 Mengidentifikasi unsur, keliling, dan luas
dari lingkaran 3.7 Menentukan hubungan sudut pusat, panjang
busur, dan luas juring 4.6 Menyelesaikan permasalahan nyata yang
terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
|
Lingkaran |
Mengamati §
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan konsep lingkaran §
Mencermati unsur-unsur lingkaran (busur,
jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat) §
Mencermati bentuk sudut pusat dan sudut
keliling yang menghadap busur yang sama §
Mencermati proses ditemukannya rumus
keliling lingkaran
Menanya §
Menanya tentang konsep dan bentuk
lingkaran yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misal untuk membuat roda, mempermudah gerak
benda, dsb §
Menanya tentang kelebihan dan manfaat
benda bentuk lingkaran, bagaimana terampil melukis lingkaran dengan media
yang tersedia, dsb §
Menanya tentang keterkaitan antar
unsur-unsur lingkaran §
Menanya hubungan sudut pusat dan sudut
keliling §
Menanya hubungan antar beberapa susut
keliling yang menghadap sudut pusat yang sama §
Menanya tentang hubungan antara sudut
pusat dengan panjang busur dan luas juring
Mengumpulkan Informasi §
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan lingkaran, seperti nilai estetika dan
fungsi berbagai benda berbentuk lingkaran atau memiliki permukaan lingkaran §
Menggali informasi tentang unsur-unsur
lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring,
tembereng, dan sudut pusat) §
Menggali informasi tentang nilai rasio
atau perbandingan keliling dengan diameter sebagai π dengan nilai kira-kira
3.14 §
Menggali informasi tentang jari-jari,
diameter, keliling, luas ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah
lingkaran §
Menggali informasi tentang daerah juring
lingkaran dengan sudut pusat tertentu §
Menggali informasi tentang besar sudut
pusat, panjang busur dan luas juring adalah senilai/seharga/sebanding/linear
menggunakan sudut, panjang busur dan luas juring §
Menggali informasi tentang hubungan
antar beberapa susut keliling yang menghadap sudut pusat yang sama §
Menggali informasi untuk merumuskan
model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan
masalah sudut pusat, busur dan juring, serta syarat keberlakuan modelnya §
Menggali informasi tentang algoritma
atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah sudut pusat, busur dan juring §
Menggali informasi tentang metode
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, busur, dan juring §
Menggali informasi tentang sudut pusat
dan sudut keliling lingkaran §
Menggali informasi tentang tahapan dan
prosedur penyelesaian masalah sudut pusat, busur dan juring §
Menggali informasi untuk menghitung
keliling dan luas lingkaran §
Menggali informasi tentang garis
singgung pada satu titik pada dan di luar lingkaran §
Menggali informasi tentang panjang garis
singgung lingkaran dari satu titik di luar lingkaran §
Menggali informasi tentang panjang garis
singgung persekutuan dalam dan luar lingkaran §
Melukis lingkaran dalam segitiga §
Menggali informasi tentang Melukis
lingkaran luar segitiga
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis penerapan konsep lingkaran
dalam masalah nyata §
Menganalisis hubungan antara unsur-unsur
lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring,
tembereng, dan sudut pusat) §
Menganalisis sudut pusat dan sudut
keliling §
Menganalisis panjang busur dan luas
juring §
Menganalisis rumus keliling dan luas
lingkaran berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai unsur-unsur lingkaran, hubungan
antara sudut pusat dengan sudut keliling yang menghadap busur sama, dan
hubungan antara sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai lingkaran
Pengetahuan Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan lingkaran §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan lingkaran
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan lingkaran
Keterampilan Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan lingkaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Projek §
Memotong lingkaran dengan potongan
juring yang sama untuk menemukan luas lingkaran dengan pendekatan bangun
datar lain
|
25 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan limngkaran, alat peraga, lingkungan |
3.9 Menentukan luas permukaan dan volume
kubus, balok, prisma, dan limas 3.11 Menaksir dan menghitung luas permukaan dan
volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya
|
Bangun Ruang
Sisi Datar (kubus, balok,
prisma, dan limas) |
Mengamati §
Mencermati bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada kaitannya dengan kehidupan nyata §
Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) §
Mencermati kerangka dan jaring-jaring
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
Menanya §
Menanya tentang bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada dalam kehidupan nyata §
Menanya tentang luas dan volume berbagai benda di sekitar
melalui percobaan yang berbentuk kubus, balok, prisma, dan limas §
Menanya tentang berbagai aspek luas dan volume, misal: apa
kelebihan dan manfaat pengetahuan dan penggunaan masalah luas dan volume pada
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) §
Menanya tentang penerapan luas dan
volume untuk bangun ruang yang tidak beraturan
Mengumpulkan Informasi §
Menggali informasi tentang bangun ruang
sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada dalam kehidupan nyata §
Menggali informasi tentang model
kerangka serta jaring-jaring bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma,
dan limas) §
Menggali informasi tentang unsur-unsur
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) §
Menggali informasi tentang luas
permukaan serta volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas) §
Menggali informasi tentang luas, volume
ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus,
balok, prisma, dan limas) dan bangun datar tidak beraturan §
Menggali informasi tentang sketsa bangun
ruang beraturan atau bangun geometri dasar yang memiliki kesamaan atau
kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan §
Menggali informasi tentang menaksir luas
dan volume bangun ruang tidak beraturan
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok,
prisma, dan limas) §
Menganalisis konsep dan rumus luas dan
volume bangun datar dan bangun ruang sederhana serta menaksir bangun-bangun
tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena
alam dan aktifitas sosial sehari-hari §
Menganalisis unsur-unsur rumus luas dan
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) serta
perilaku hubungan fungsionalnya
Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai luas permukaan dan volume kubus,
balok, prisma, dan limas, serta menaksir luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi datar tidak beraturan §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai bangun ruang sisi
datar
Pengetahuan Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) §
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari
informasi seputar bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dan penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari §
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus,
balok, prisma, dan limas)
Keterampilan Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek §
Membuat bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dari bahan kardus, atau kartos, atau
bahan bekas lainnya |
25 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar, alat peraga, benda di lingkungan Kubus, balok |
3.14
Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis
hubungan antar variabel 4.7 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi,
dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
|
Penyajian Data: Diagram batang Diagram
lingkaran Grafik |
Mengamati §
Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penyajian data §
Mencermati penyajian data dalam bentuk
diagram tabel, batang, dan diagram lingkaran
Menanya §
Menanya tentang penyajian data yang ada
dalam kehidupan sehari-hari §
Menanya tentang cara mengumpulkan,
mengolah, menginterprestasi, dan menyajikan data dalam bentuk diagram batang,
diagram garis, dan diagram lingkaran secara manual ataupun dengan komputer §
Menanya tentang strategi dan pemanfaatan
data dalam permasalahan sehari-hari dalam rangka pengambilan keputusan §
Menanya dalam bentuk apakah penyajian
data paling sesuai dengan konteks masalah. Apakah dalam bentuk diagram
batang, diagram baris, atau diagram lingkaran
Mengumpulkan Informasi §
Menggali informasi tentang penyajian
data dengan menggunakan tabel, grafik
batang, diagram lingkaran, dan garis lurus §
Menggali informasi tentang penafsiran
data §
Menggali informasi tentang jenis data
yang bersifat kualitatif dan kuantitatif §
Menggali informasi tentang penataan data
sebagai cara untuk menyajikan informasi agar mudah dipahami karakteristik
datanya dalam bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi),
grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis, secara manual dan dengan
bantuan komputer §
Menggali informasi tentang hubungan
antar variabel pada data yang bersifat korelatif, regresi/hubungan
fungsional, dan trend/deret waktu §
Menggali informasi tentang penyajian
data bentuk tabel
(baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram
lingkaran, grafik garis, hubungan antar variabel atau unsur lainnya
secara manual dan dengan bantuan komputer berkaitan dengan penataan data §
Menggali informasi untuk merancang dan
menyusun alat pengumpul data yang dapat berupa panduan wawancara, alat ukur
atau pencacah, formulir isian/kuesioner, dsb §
Menggali informasi tentang interpretasi
secara sederhana sajian data menggunakan statistik tertentu (misal: ukuran
tendensi sentral atau pemusatannya, tingkat dispersi atau persebaran data,
ataupun ukuran lainnya), estimasi/prediksi untuk masa mendatang, serta tingkat hubungan antar variabel pada
datanya §
Menggali informasi tentang alternative
pengambilan keputusan berdasar hasil analisis data yang telah dilakukan,
serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari keputusan yang dipilih
dan opsi atau pilihan penyelesaiannya
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis tentang
penyajian data dengan
menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan garis lurus §
Menganalisis tentang penafsiran data §
Menganalisis tentang jenis data yang
bersifat kualitatif dan kuantitatif §
Menganalisis tentang cara mengumpulkan,
mengolah, menginterprestasi, dan menyajikan data dalam bentuk diagram batang,
diagram garis, dan diagram lingkaran secara manual ataupun dengan komputer
Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai penyajian data dalam bentuk diagram batang,
garis, dan lingkaran §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai penyajian data
Pengetahuan Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan penyajian dan pengolahan data §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
melakukan pendataan kemudian menyajikan dan mengolahnya §
Tes tertulis mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan penyajian dan pengolahan data
Keterampilan: §
Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan penyajian, pengolahan data dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek §
Mengumpulkan data tentang makanan dan
minuman, lalu menyajikan dalam bentuk diagram garis, batang, atau lingkaran
disertai interprestasinya |
10 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan penyajian data, komputer, penggarais, alat peraga lainnya,
lingkungan |
3.13
Menemukan peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output) yang mungkin
diperoleh berdasarkan sekelompok data 4.8 Melakukan percobaan untuk menemukan
peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang
teoritik |
Peluang empirik Peluang teoritik |
Mengamati §
Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik §
Mencermati kejadian dari suatu
eksperimen dengan menggunakan koin dan dadu dalam rangka memahami peluang
teoritik dan peluang empirik Menanya §
Menanya tentang kejadian sehari-hari
yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoritik §
Menanya tentang hubungan antara peluang
teoritik dengan peluang empirik §
Menanya tentang perbedaan antara peluang
teoritik dengan peluang empirik
Mengumpulkan Informasi §
Menggali informasi tentang permasalahan
nyata yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik §
Menggali informasi tentang cara
menentukan ruang sampel §
Menggali informasi tentang sifat,
kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random, independen, atau
bersyarat serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak
atau tidak independen §
Menggali informasi tentang peluang
empirik dan peluang teoritik melalui eksperimen (bisa dengan menggunakan koin
atau dadu) §
Menggali informasi tentang hubungan
peluang empirik dan peluang teoritik §
Menggaliinformasi tentang peluang
kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif,
pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, ataupun unsur
lainnya berkaitan dengan peluang
Menalar/Mengasosiasi §
Menganalisis tentang permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik §
Menganalisis tentang ruang sampel dari
beberapa eksperimen §
Menganalisis banyaknya titik sampel pada
suatu kejadian §
Menganalisis tentang sifat, kriteria dan
karakteristik kejadian acak atau random, independen, atau bersyarat serta
berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak atau tidak
independen §
Menganalisis tentang peluang empirik dan
peluang teoritik melalui suatu eksperimen §
Menganalisis hubungan peluang empirik
dengan peluang teoritik §
Menganalisis tentang sifat, kriteria dan karakteristik
kejadian acak atau random, serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian
bersifat acak menjadi tidak acak. §
Menganalisis tentang peluang kejadian
acak, peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman
dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, ataupun unsur lainnya
berkaitan dengan peluang Mengomunikasikan §
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai peluang teoritik dan perbandingan
peluang teoritik dengan peluang empirik §
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya §
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi §
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai peluang empirik
dan peluang teoritik
Pengetahuan: Penugasan §
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan peluang §
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi manfaat peluang §
Tes tertulis mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan peluang empirik dan teoritik
Keterampilan: Portofolio §
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan peluang dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Projek §
Mengamati kejadian di lingkungan sekitar
yang berhubungan dengan peluang, lalu membuat aturan yang berhubungan dengan
penamatan tersebut |
10 JP |
§
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan peluang, dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya,
lingkungan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar