RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semeseter : VII / Ganjil
Materi Pokok : Bentuk Aljabar
Alokasi Waktu : Jam Pelajaran 40 menit
1.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran, peserta didik dapat :
·
Mengenal bentuk aljabar dari masalah kontekstual
·
Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku,
dan suku sejenis
·
Mengamati penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar yang disajikan dalam bentuk tabel
·
Mengamati perkalian dan pembagian bentuk aljabar
yang disajikan dalam bentuk tabel
·
Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk
menyelesaikan soal
2.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan Pendahuluan
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdo’a untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya/materi
yang akan dibahas
·
Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari
Materi Bentuk Aljabar
B.
Kegiatan Inti
·
Peserta didik diminta untuk membaca dan mengamati
bahan ajar, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik
yang berhubungan dengan materi Bentuk Aljabar
·
Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik
untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan
factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus
tetap berkaitan dengan materi Bentuk Aljabar
·
Peserta didik dibentuk dalam Beberapa Kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai Bentuk Aljabar
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi Kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan
C.
Kegiatan Penutup
·
Guru dan Peserta didik membuat kesimpulan mengenai
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
·
Guru membuat kesimpulan pelajaran tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
3.
Penilaian
·
Penilaian kompetensi sikap
·
Penilaian kompetensi pengetahuan
·
Penilaian kompetensi keterampilan
Mengetahui Kepala
Sekolah ……………………… |
….,
…… Januari 2021 Guru
Mata Pelajaran ……………………… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar