RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Materi Pokok : Transformasi
Alokasi Waktu : 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
· Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta
didik dapat menjelaskan sifat-sifat
bayangan hasil refleksi oleh garis l dan bayangan titik dan garis pada grid
· Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan Refleksi (pencerminan) pada sumbu –X
dan refleksi Pada sumbu –y
· Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan refleksi(pencerminan) dan refleksi terhadap titik asal 0(0,0)
dan refleksi terhada garis y=x
· Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan refleksi (pencerminan) pada refleksi titik
pada garis sejajar sumbu– x dan refleksi titik pada garis sejajar sumbu -y
· Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan konsep translasi
· Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat melukis gambar yang ditranslasikan
dengan menggunakan pencerminan berulang yang
dijabarkan dengan menggunakan koordinat
· Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat melukis gambar yang diputar
menggunakan sudut rotasi
· Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan gambar/bangun dengan
simetri putar
· Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menenentukan faktor skala
· Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan transformasi dalam masalah nyata
B. Media Pembelajaran&SumberBelajar
Media : Laptop, LCD, power point, gambar dan video yang relevan, fasilitas internet
Sumber Belajar : Buku Matematika Kelas VIII, Kemendikbud, edisi 2017.
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh
(tujuan&manfaat) dengan mempelajar materi :Transformasi. |
|
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan
dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan Inti ( 50Menit
) |
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberimotivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali.diberita yang ada bahan bacaan terkait materi Transformasi. |
Critical Thinking
|
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Transformasi. |
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Transformasi. |
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil
kerja
kelompok atau
individu secara
klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembal oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
Creativity
|
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Transformasi..Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk
menanyakan kembalihal-hal yang belum
dipahami |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan. |
D. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan; Teknik penilaian: Tes Uraian
dan Penugasan
2. Penilaian Keterampilan; Penilaian Unjuk Kerja
Mengetahui Kepala
Sekolah
……………………… |
….,
…… Januari 2021
Guru
Mata Pelajaran
……………………… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar