UNIVERSITAS PATTIMURA

Hallo Guys Selamat Datang Di Blog Saya

Kamis, 17 Desember 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah            : SMA NEGERI 1

Mata Pelajaran       : MATEMATIKA   

Kelas/Semester         :  X / 2

Alokasi Waktu            :  4 x 45 menit

KD                    : 3.7, 3.8, 3.9, 3.10  dan  4.7, 4.8,4.9,4.10

Pertemuan ke     : 1

Materi

:

Trigonometri



A.   TUJUAN

·       Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Trigonometri yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

·       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Trigonometri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Media :

·  Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·  Lembar penilaian

·  LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)

Alat/Bahan :

·  Penggaris, spidol, papan tulis

·  Laptop & infocus

 


PENDAHULUAN

 

 

·        Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

 

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengenalan ukuran sudut, konversi sudut, dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengenalan ukuran sudut, konversi sudut, dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengenalan ukuran sudut, konversi sudut, dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengenalan ukuran sudut, konversi sudut, dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku  Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

 

·      Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·      Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.  PENILAIAN


-        Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

                        , .... Juli 2020

 

Kepala Sekolah          

              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

………………………

NIP.

 

 

 


………………………

NIP.

 

 

 

 

 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiny Finger Point Hand With Heart